Thursday, August 6, 2009

Security Server Jaringan



Proteksi keamanan server yang terintegrasi dan menyeluruh untuk jaringan anda mutlak diperlukan untuk melindungi server, komputer client, jaringan, dan data-data penting, sehingga konsentrasi tertuju pada bisnis Anda, bukan pada orang-orang yang mencoba menguasai jaringan anda. Bagaimanakah metode pengamanan jaringan yang baik?

Nah, untuk memperoleh sistem security yang baik maka yang pertamakali harus dipahami adalah konfigurasi jaringan yang dibuat. Bukan jaringan Astaga!com Lifestyle on the net.

Administrator server jaringan harus mengetahui seluk beluk dan luar dalam server jaringan yang ditanganinya. Apabila seorang administrator sedikit lengah sehingga mengabaikan hal-hal kecil maka besar kemungkinan server tersebut dijebol dari hal-hal yang kecil tersebut.

Banyak Administrator yang bangga dengan konfigurasi systemnya yang rumit dan komplit, sehingga mengabaikan hal-hal kecil.

Secara garis besarnya beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah :
  1. Packet Sniffers - Awasi setiap packet yang lewat
  2. Tcp_Wrappers
  3. Firewall
  4. Identd - Verifikasi DNS
  5. NFS (Network File System)
Di atas adalah hanya merupakan contoh kecil dari hal-hal yang harus diperhatikan oleh seorang Administrator jaringan dalam upaya menangani jaringannya agar tetap aman dari serangan orang-orang yang mencoba usil atau iseng.

0 comments: