Monday, November 16, 2009

Audit Security Jaringan dengan Pentest


Security Jaringan merupakan permasalahan yang sangat kompleks bagi seorang administrator jaringan. Karena untuk mengamankan jaringan bukan hanya memerlukan tool-tool yang banyak bertaburan di internet dan dapat diperoleh secara gratis, namun hal ini juga memerlukan keahlian dan pengalaman dari administrator itu sendiri.

Berbagai macam gangguan yang disebabkan oleh berbagai macam program atau software jahat dapat merusak dan mencuri data dari komputer korban. Meskipun telah dipasangi berbagai macam software, seperti antivirus, firewall, proxy, dan berbagai macam program lainnya.

Jaringan yang masih mempergunakan windows sebagai OS utama masih sangat rentan terhadap terhadap serangan program jahat, terutama virus komputer yang banyak berkembang biak di sistem operasi windows.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk jaringan dalam kapasitas besar mempergunakan linux sebagai benteng server jaringannya, karena selain masalah keamanan linux juga menggunakan source yang kecil sehingga meringankan beban kerja dari hardware server itu sendiri.

Untuk mengaudit keamanan atau security jaringan anda, banyak tool yang dapat dipergunakan. Namun tools audit security jaringan lebih banyak bekerja secara maksimal di lingkungan unix atau Linux. Salah satu tool untuk mengetes penetrasi jaringan (Pentest) adalah backtrack.

Backtrack merupakan salah satu distribusi linux yang fokus terhadap penetrasi jaringan. Untuk dapat menggunakan backtrack ini, seorang administrator jaringan dituntut menguasai sistem operasi linux karena pentest ini bekerja di lingkungan unix.

Silahkan coba salah satu pentest terbaik ini (versi penulis, hehehe). Untuk memperoleh pentest ini langsung aja ke bt4-prefinal-iso.

Ibarat kata pepatah "Pengalaman adalah guru yang terbaik". Oleh karena itu, seringlah mencoba dan mencoba lagi mengamankan jaringan anda dari disusupi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.